Ospek Ditengah Pandemi Covid-19, Mungkinkah Terlaksana

Langsa, Kampuspos.com - Setiap mahasiswa yang telah bergelut di dunia kampus, tentu pernah merasakan pahit manisnya kegiatan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek), saat ini bagi kampus yang berada dibawah kementerian Agama lebih dikenal dengan sebutan Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK) sedangkan perguruan tinggi dalam naungan Kemendikbud disebut dengan Pembinaan Akademik dan Karakter Mahasiswa Baru (PAKARMARU).

Kegiatan Ospek memiliki kenangan tersendiri bagi setiap mahasiswa, rasa takut, cemas, was-was dan grogi membuat peserta Ospek kehilangan mental bajanya dihadapan para seniornya.

Belum lagi ulah "jail" para senior dalam memberikan kejutan dan tugas menjadikan mahasiswa baru "copot jantung" menghadapinya.

Namun, hubungan emosional itu terjalin erat setelah mahasiswa baru mengikuti Ospek. Banyak ilmu dan pengalaman yang dirasakan, suka duka, canda tawa menjadi sejuta kenangan manis untuk diceritakan kepada teman sejawatnya.

Akan tetapi, sepertinya pengalaman dan kenangan manis yang pernah dirasakan oleh mahasiswa akan sirna ditengah pandemi virus Corona yang menimpa Indonesia.

Mengguritanya penyebaran covid-19 ini telah memberikan efek buruk disetiap sektor tak terkecuali sektor pendidikan, saat ini sejumlah kampus sedang mencari pola pelaksanaan Ospek.

Mungkinkah Ospek/PBAK/PAKARMARU sebagai titik awal bagi mahasiswa baru untuk mengenal kampus, budaya akademik dan membangun hubungan emosial antara sesama mahasiswa dan juga para seniornya dapat dirasakan pada tahun ini?


Post Terkait

Comments